Tugas 1 SoftSkill Bahasa Indonesia

Seputar Sistem
Informasi Geografis
Educational
Geographic – Edisi I

Pendidikan merupakan
kebutuhan dasar manusia dalam
melakukan kehidupan
bermasyarakat dan bernegara.
Dalam melaksanakan kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
selalu muncul permasalahan
pendidikan, dan
permasalahan tersebut harus
dilihat secara komprehensif, oleh
karena
itu diperlukan suatu kebijakan
pendidikan yang komprehensif
dan
bersifat multidimensi.
Dua sudut pandang
dalam melihat pendidikan, yaitu
fungsi pembinaan
pendidikan dan pendidikan
sebagai fungsi pelayanan bagi
masyarakat.
Pada pembinaan pendidikan
terkait dengan administrasi
pengelolaan
pendidikan yang terpaku dalam
batas-batas administrasi suatu
pemerintahan, karena
berhubungan langsung dengan
pembinaan setiap
sekolah (dan atributnya: siswa,
sarana-prasarana, guru,
kurikulum dll)
sebagai lembaga pendidikan.
Pendidikan sebagai fungsi
pelayanan
masyarakat yang sangat terkait
dengan sifat dan kondisi
masyarakat itu
sendiri, seharusnya dilihat secara
spasial (keruangan) yang luas
tidak
terpaku pada batas administrasi
pemerintahan, karena
dimungkinkan
bahwa permasalahan pendidikan
yang muncul di suatu daerah
disebabkan
oleh kondisi daerah lain.
Salah satu tujuan
pengembangan SIG (Sistem
Informasi Geografis)
Departemen Pendidikan Nasional
adalah menghasilkan suatu
strategi
spasial pendidikan dengan
konsep SDSS (Spatial Decision
Support
System). Tugas dan fungsi PSP
(Pusat Statistik Pendidikan)
Balitbang
Depdiknas sebagai lembaga
pengelola data pendidikan, yang
mengumpulkan
data pendidikan secara rutin
(tahunan) sangat sesuai untuk
menghasilkan suatu strategi
nasional dalam menyosialisasi,
mengimplementasikan dan
monev (monitoring dan evaluasi)
progress suatu
kebijakan departemen dari
perspektif geografi.
“Geography is an integrative
discipline that brings together
the
physical and human dimensions
of the world in the study of
people,
places, and environments”
American Geographical Society et
al.,
Geography for life (National
Geographic Society, Washington,
D.C.,
1994)”.
Pendidikan merupakan
subsistem dari sistem yang besar,
di mana proses
pendidikan yang terjadi sangat
terkait dengan orang/
masyarakat,
tempat/lokasi dan lingkungan
yang saling berpengaruh. Untuk
itu
diperlukan suatu pengelolaan
pendidikan yang komprehensif
yang
memperhatikan banyak faktor.
Di dalam peta dengan
skala 1:250.000 sebuah lembaga
pendidikan
terlihat sebagai titik, dan makna
titik lembaga pendidikan
tersebut
dapat diartikan sebagai lokasi di
mana lembaga pendidikan itu
terletak. Akan tetapi kalau
dipahami secara komprehensif,
titik
lembaga pendidikan tersebut
akan memiliki makna yang
sangat mendalam
terkait proses pada lembaga
pendidikan itu sendiri dan
lingkungan di
sekitarnya.
Satu contoh ilustrasi
kondisi hasil UN SMA jurusan IPA
tahun 2007.
Muncul satu pertanyaan
mengapa terdapat perbedaan
warna pada setiap
titik sekolah yang dikarenakan
klasifikasi hasil UN.
Penjelasan atau
jawabannya tentu akan berbeda-
beda antar pembaca, dari
mana sudut pandangnya, yang
pasti tentu akan mengaitkan
dengan atribut
pada proses belajar mengajar
(PBM) setiap sekolah dan
lingkungan di
sekitar sekolah yang
berpengaruh pada sekolah
tersebut. Pertanyaan
berikutnya adalah bagaimana
caranya agar semua titik
berwarna biru (UN
> 9), jawabannya tentu akan
berbeda-beda pada setiap
sekolah
tergantung pada hasil analisis
dan strategi pada setiap sekolah.
(L.Manik)
Copyright © Pusat Statistik
Pendidikan BALITBANG 2008
Sumber: :
EGI Edisi 1 – http://
http://www.sig.depdiknas.go.id/
egi-1.htm
Tugas 1 Bahasa Indonesia :
Kelas : 3KA03
Baby Dian P (19110235)
Nurjamalina M (15110175)
Sary Kusuma N (16110382)
Menganalisis Artikel
Artikel yang akan dianalisis ialah
artikel yang tersebut diatas
dengan judul ”Seputar Sistem
Informasi Geografis
Educational Geographic – Edisi
I”
Tugas :
1.Tentukan diksi (pilihan kata)
dan analisis diksi tersebut.
2.Buat opini atau pendapat
tentang kelebihan dan
kekurangan artikel tersebut,
berdasarkan kalimat yang
digunakan, tema, susunan
kalimat, alenia, dan jika
memungkinkan kembangkan
pendapat kalian tentang
kelemahan atau kelebihan artikel
tersebut.
Jawaban :
Diksi (pilihan kata) pada
artikel tersebut sudah cukup
jelas dan tepat untuk dimengerti
oleh pembaca. Selain itu tema
yang digunakan, sesuai dengan
judul yang digunakan yaitu
“Seputar Sistem Informasi
Geografis Educational
Geographic – Edisi I” karena
penulisan judul harus sesuai
dengan tema (isi pokok
pemikiran yang disebut dengan
ide atau gagasan). Jika judul
tidak sesuai dengan tema
mungkin akan menyulitkan
pembaca untuk mengetahui inti
isi dari artikel tersebut. Susunan
kalimat yang digunakan dalam
artikel ini pun terhubung antara
satu dengan lainnya. Kemudian
untuk penggunaan alinea
(paragraph) yang digunakan.
Menurut kami, penulis
menggunakan jenis paragraph
eksposisi yaitu p aragraf yang
bertujuan memaparkan sejumlah
informasi atau pengetahuan
dengan tujuan pembaca dapat
mendapat tambahan informasi
atau pengetahuan sejelas –
jelasnya. Seperti yang diungkap
pada kalimat per-kalimat yang
ditulisnya..
Kelebihan dari artikel
ini ialah bahwa penulis
menggunakan diksi bahasa yang
baku tetapi mudah dimengerti
oleh pembaca. Artikel yang
ditulis menjelaskan informasi
yang singkat, padat, dan jelas.
Untuk penulisan judul pun sudah
benar dalam penggunaannya.
Kekurangan pada artikel
ini ada kesalahan penulisan
dalam kalimat seperti yang
ditulisnya pada kalimat berikut
ini “(dan atributnya: siswa,
sarana-prasarana, guru,
kurikulum dll)” . Kesalahannya
yaitu dalam penulisan kalimat
kata penghubung seperti “dan”
tidak boleh digunakan didalam
tanda kurung pada awal kalimat.

Tinggalkan komentar